Buka jam 08.00 s/d jam 22.00
Beranda » Review Produk Terbaru » Pasar Perosotan Anak Jakarta yang Sepi di Masa Pandemi

Pasar Perosotan Anak Jakarta yang Sepi di Masa Pandemi

Diposting pada 10 July 2021 oleh admin

Pasar Perosotan Anak Jakarta yang Sepi di Masa Pandemi

Pasar perosotan anak Jakarta yang sepi di masa pandemi – Ekonomi di masa pandemi yang sudah berlangsung dua tahun belum menunjukkan tanda-tanda perbaikan. Bahkan laporan koran online CNBC  Indonesia, di tahun ini, Indonesia mengalami penurunan ekonomi yang sangat tajam. Tahun lalu, kita masuk dalam daftar negara yang memiliki pendapatan menengah, di tahun kedua pandemi korona ini, kita masuk sebagai negara berpendapatan rendah. Indonesia tidak sendiri sebagai negara yang turun kasta sebagai negara berpendapatan rendah sebab korona. Negara lain yang mengalaminya adalah Iran, Belize dan Samoa. Menurunnya ekonomi Indonesia ternyata berdampak juga pada bisnis mainan yang kami jalankan. Salah satunya yang akan kami tulis dampaknya pada bisnis mainan Sakti Fiberglass adalah pasar perosotan anak Jakarta yang sepi di masa pandemi.

Pasar Perosotan Anak Jakarta yang Sepi di Masa Pandemi yang masih berlangsung

Jakarta di  masa sebelum pandemi merupakan pasar yang sangat bagus sekali untuk produk-produk mainan kami. Sebagai ibu kota negara, pusat bisnis dan juga penduduk yang sangat besar, Jakarta menjadi pasar utama bagi produk kami. Sejak awal menjalankan bisnis, kami sangat serius dalam mengerjakan marketing kota ini. Maka kami menempatkan banyak kata kunci yang menarget kota ini di halaman utama google. Misalkan kata kunci jual playground anak Jakarta, jual perosotan anak Jakarta, jual perosotan kolam renang Jakarta, sudah lama di halaman satu google. Dengan kata kunci yang ditarget di halaman utama google menjadikan website yang kami kelola semakin mudah ditemukan konsumen. Semakin mudah ditemukan oleh konsumen, semakin besar juga kemungkinan konsumen untuk membeli produk yang kita jual.

Jakarta yang menjadi pintu gerbang Indonesia terhadap dunia internasional merupakan kota yang paling parah terkena dampak kovid. Pemerintah sudah melakukan langkah-langkah antisipasi beberapa kali di kota ini karena kasus pandemi yang memprihatinkan. Ada PSBB ( Pembatasan sosial berskala besar), yang kemudian untuk hari ini ketika kami menulis artikel ada lagi tindakan baru untuk untuk menghalau penyebaran kovid yaitu PPKM (pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat) untuk Jawa-Bali. Kita bisa memaklumi tingginya kasus penderita kovid di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bogor,Bandung atau Surabaya karena kepadatan penduduk yang juga tinggi. Kepadatan penduduk yang tinggi kemungkinan besar masyarakat yang berkerumun desak-desak an juga banyak. Misal di sarana transportasi umum, di pasar, di masjid, atau pusat tongkrongan seperti kafe dan mall.

Sakti Fiberglass sendiri saat ini mempunyai partner kerja sama produksi di Jakarta tepatnya di Duren Sawit Jakarta Timur. Kami sudah berpartner sekitar 3 tahun lebih kalau tidak salah. Kerja sama ini berjalan cukup lancar hingga sekarang. Untuk konsumen yang mencari mainan anak seperti perosotan anak, ayunan anak, mangkok putar, tangga majemuk, jungkat-jungkit dan juga mainan outdoor lainnya. Partner kami yang di Jakarta ini banyaak mengandalkan pasar offline dengan menyewa tempat untuk showroom produk. Adanya program pembatasan gerak masyarakat yang sering dilakukan pemerintah ini sangat terasa sekali karena jalanan jadi sepi dan penjualan juga menurun drastis. Di saat yang sama, partner kami juga harus membayar sewa tempat showroom, bayar karyawan dan juga kebutuhan bulan lainnya. Partner mau tidak mau harus memutar otak untuk bisa mencukupi semua  kebutuhan tersebut dengan mengeluarkan dana cadangan.

Kami berusaha semampu yang kami bisa untuk membantu partner kami yang masih sepi pesanan dengan melakukan promosi secara besar-besaran. Website-website kami kerjakan agar tampil prima di halaman utama google wilayah jakarta dan sekitarnya. Di Jakarta, kata kunci yang berada di halaman satu adalah produk playground anak, playground kolam renang, perosotan anak, ayunan anak di strip bawah dan juga perosotan kolam renang. Itu untuk website saja. Kami belum mencoba secara maksimal menggunakan medsos seperti grup facebook, marketplace facebook, marketplace biasa, instagram, youtube dan juga tiktok untuk memasarkan produk mainan kami. Kami masih belum bisa memprediksi keampuhan dari medsos dalam promosi mainan anak karena belum menyeriusinya. Dalam waktu dekat, kami akan segera menyeriusi media-media yang belum kami garap tersebut untuk meningkatkan penjualan kami.

Target Bertahan dan Berkembang

Sebagai pelaku bisnis mainan anak di masa pandemi ini, target-target pengembangan yang sudah kami rencanakan dua  lalu sebelum pandemi masuk Indonesia harus kami kaji ulang. Target-target pengembangan itu berupa pembukaan beberapa showroom offline di beberapa kota di Jawa seperti Jogja, Bandung dan juga Lombok. Pengkajian ulang rencana pengembangan usaha dari produk ini menyesuaikan dengan perkembangan keadaan ekonomi yang masih gonjang-ganjing tidak dan belum pasti kapan akan berakhir. Kalaupun dipaksakan untuk tetap dilakukan, kami harus siap dengan resiko besar yaitu kebangkrutan karena membiayai proyek yang pembeliannya menurut karena terpengaruh daya beli masyarakat dan pemerintah yang menurun drastis.

Akhirnya target  kami rubah, bertahan. Bertahan adalah target paling logis yang bisa kami ambil di masa-masa ekonomi sulit seperti sekarang. Cara kami bertahan adalah dengan memaksimalkan promosi-promosi berbiaya rendah yang tidak memerlukan dana besar untuk kami keluarkan. Kami mengeluarkan dana marketing yang sangat minim sekali saat ini untuk meningkatkan penjualan. Misalkan dengan website yang kami kelola ini, dengan menarget banyak kata kunci umum dan kata kunci kota, website kami tanpa menggunakan jasa iklan berbayar  untuk berada di halaman utama google. Kami paling menggunakan jasa berbayar dalam jangka panjang untuk website-website kami agar betah di halaman utama google.

Keadaan sulit yang sedang dialami oleh banyak orang sekarang ini harus tetap kita syukuri. Usaha jual mainan anak yang kami jalani tidak benar-benar kosong pemesan. Pesanan mainan masih tetap ada. Bahkan pesanan pembuatan waterboom dengan nilai 500 juta juga masih ada. Untuk pesanan mainan-mainan lain seperti odong-odong, ayunan anak, perosotan anak, sepeda air fiberglass dan juga playground anak masih ada. Masih ada proyek yang dikerjakan oleh karyawan produksi partner kami. Ini kami melakukan promosi produk ke seluruh Indonesia, jadi pasar perosotan anak Jakarta yang sepi di masa pandemi diganti dengan pasar mainan anak yang lain seperti dari Sulawesi, Bogor, Surabaya, Bali dan juga Karawang. Mudah-mudahan trend positif dari pasar seluruh Indonesia terus membaik dan pesanan mainan anak ke Sakti Fiberglass juga meningkat.

Di tengah situasi sulit di semua sektor seperti sekarang, memupuk harapan dan juga motivasi positif harus jadi prioritas kita. Situasi  sulit yang berkepanjangan seperti sekarang insyaallah ada akhirnya dan kita bisa hidup normal kembali. Mungkin setiap orang pasti mengalami masa pahitnya sendiri. Pengalaman dalam melalui masa pahit di masa lalu bisa kita gunakan untuk tetap semangat menjalani hidup seperti keadaan sekarang ini. Dengan pikiran yang tetap positif di masa-masa sulit seperti sekarang ini, imun tubuh akan membaik dan juga kesehatan tubuh akan meningkat.

Baca juga: jual perosotan anak Jakarta

Sebagai penutup tulisan yang akan jadi kenang-kenangan ketika suatu saat keadaan ekonomi sudah normal, dengan tema “pasar perosotan anak Jakarta yang sepi di masa pandemi” saat ini yang bisa kita lakukan adalah melakukan apa terbaik yang bisa kita lakukan. Kalau bisanya adalah promosi secara besar-besaran, lakukan promosi besar-besaran dengan mengeluarkan biaya seminim mungkin. Banyak berdoa dan menerapkan perilaku hidup sehat sehingga  kita terhindar dari penyakit yang tidak perlu. Terima kasih sudah berkunjung. Salam sukses.

 

 

Bagikan informasi tentang Pasar Perosotan Anak Jakarta yang Sepi di Masa Pandemi kepada teman atau kerabat Anda.

Pasar Perosotan Anak Jakarta yang Sepi di Masa Pandemi | 081392717613 Kontraktor Waterboom | Jual Playground

Komentar dinonaktifkan: Pasar Perosotan Anak Jakarta yang Sepi di Masa Pandemi

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Open chat
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan