Buka jam 08.00 s/d jam 22.00
Beranda » Membangun Branding Sakti Fiberglass Untuk Produk Perosotan Kolam Renang

Membangun Branding Sakti Fiberglass Untuk Produk Perosotan Kolam Renang

Membangun Branding Sakti Fiberglass Untuk Produk Perosotan Kolam Renang

Membangun branding Sakti Fiberglass untuk produk perosotan kolam renang – Dalam satu tahun terakhir ini kami mulai memikirkan usaha mainan fiberglass yang sudah kami jalani lebih dari lima tahun ini untuk memiliki branding yang kuat dan mudah diingat oleh konsumen. Kami akhirnya memutuskan untuk membuat branding dengan dua suku kata yaitu Sakti Fiberglass. Branding dalam usaha mainan fiberglass untuk kolam renang menurut kami sangat penting agar usaha yang kami jalani ini tidak hanya diingat ketika konsumen membeli produk kami saja, tapi juga punya dampak signifikan dalam peningkatan volume penjualan produk-produk kami. Pada kesempatan ini kami ingin menulis tentang membangun branding Sakti Fiberglass untuk produk perosotan kolam renang. Kami tulis secara spesifik untuk perosotan kolam renang saja karena ingin menaikkan produk ini sebagai produk utama jualan kami.

Perosotan renang di masa pandemi ini seperti sekarang ini adalah produk kami yang cukup banyak diminati oleh konsumen. Hampir dalam satu bulan pesanan yang masuk untuk produk ini di tempat kami minimal dua pesanan. Suatu hal diluar dugaan kami. Kalau dianalisis, harusnya di masa pandemi seperti sekarang ini banyak tempat wisata yang tutup operasinya atau minimal dibatasi operasionalnya oleh pemerintah, pesanan produk ini pesanannya menurun. Kenyatannya malah sebaliknya. Fakta membahagiakan yang harus kami syukuri. Kami menjadi semangat kembali untuk terus memperbaiki tekhnik-tekhnik promosi produk ini supaya konsumen yang lebih mudah lagi menemukan produk kami.

Sebenarnya untuk pencarian di mesin pencarian google, volume pencariannya kata kunci jual perosotan kolam renang tidak begitu besar. Di kisaran 100 an pencarian pe bulan. Bandingkan dengan pencarian untuk produk mainan kami yang lain seperti perosotan anak atau ayunan anak yang pencariannya sudah mendekati 500 pencarian. Kemungkinan yang mencari produk ini adalah personal dan para pengusaha kolam renang. Adapun data penjualan dari Sakti Fiberglass, rata-rata yang memesan perosotan kolam renang dari bahan fiberglass yang kami produksi adalah para pengelola tempat wisata kolam renang.

Peran Branding dalam Sebuah Bisnis

Membangun bisnis untuk tujuan jangka panjang mempunyai cara-cara sistematis dan terukur. Banyak hal harus dipersiapkan dan dieksekusi setiap hari dalam menjalankan bisnis jangka panjang. Tidak bisa asal-asalan atau serampangan. Orang-orang yang memilih jalan hidup untuk bergelut dalam dunia bisnis rata-rata paham akan hal ini. Kalau tidak paham, bisa ditebak, bisnis yang mereka bangun tidak akan bisa bertahan dalam jangka panjang. Salah satu yang membuat sebuah bisnis bisa bertahan dalam jangka panjang di bisnis modern adalah pembangunan branding secara kuat di tengah konsumen. Secara singkat kami akan menjelaskan per point peran branding dalam memajukan sebuah bisnis yang kami sadur dari beberapa sumber yang kami baca.

  • Meningkatkan reputasi bisnis. Brand yang didukung oleh produk dengan kualitas bagus dan bisa diandalkan akan meningkatkan reputasi bisnis yang kita jalani. Misalkan brand handphone premium sekelas Apple dan Samsung yang sangat kuat di tengah-tengah masyarakat. Ketika orang sudah memakai handphone Apple atau Samsung, ada rasa bangga dan puas bukan hanya karena brandnya Apple atau Samsung tapi juga kualitas yang ada dalam dalam produk tersebut. Maka dari itu, reputasi produk ini sangat kuat di masyarakat. Begitupun dengan merk-merk lainnya seperti Honda, Toyota, Mercy, Vespa atau merk-merk lainnya yang sudah punya reputasi sangat kuat di tengah masyarakat.
  • Kemudahan dalam mendapatkan konsumen baru. Ketika kita sudah memiliki brand yang dikenal luas dan punya reputasi bagus di masyarakat, mendapat konsumen baru bukanlah suatu hal yang sulit. Orang-orang yang sudah mengenal brand kita dan punya pengalaman yang memuaskan dengan produk yang mereka beli dari kita, secara otomotis mereka akan merekomendasikan produk kita kepada teman dan keluarga. Yang berat itu membangun brand di awal. Kita memang harus banyak berkorban untuk iklan dan diskon. Contoh-contoh brand baru yang sudah cukup dikenal di masyarakat adalah produk-produk hand phone dari negeri Tirai Bambu Cina. Pada awal kemunculannya, brand-brand hand phon seperti Oppo, Xiomi, Realme, Huawey dan brand-brand dari Cina lainnya dipandang sebelah mata. Tapi mereka bisa membuktikan bahwa mereka layak disejajarkan dengan merk-merk yang sudah lama bermain dalam bisnis smartphonge seperti Samsung dan Apple. Saat ini mereka malah hampir melampui brand-brand smartphone yang sudah lebih dulu terkenal di masyarakat.
  • Meningkatkan nilai jual produk. Dengan merk yang sudah dikenal luas konsumen dan juga reputasi yang bagus, kita bisa menjual produk kita dengan harga yang lebih mahal. Konsumen tahu, bahwa produk yang mereka beli bukan produk abal-abal. Mereka akan rela mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan produk kita karena brand kita sudah dikenal luas dan juga reputasi produk yang sudah terjamin. Anda bisa melihat konsumen mau membeli sepeda motor matic merk Vespa dua kali lipat dari motor matic pada umumnya. Karena apa? Jelas, Vespa adalah pelopor motor pertama di dunia yang konsisten dengan motor matic lebih jangka waktu lebih dari 50 tahun. Mereka sudah punya penggemar fanatik yang siap membeli produk mereka meski harus mengeluarkan uang dua kali lipat atau tiga kali lipat.
  • Lebih mudah dalam promosi. Dengan brand dibangun secara berkelanjutan, promosi menjadi lebih mudah. Lebih mudah di sini maksudnya, konsumen sudah mulai mengenal produk kita. Yang berat adalah di awal. Tapi ketika sudah berjalan dalam jangka waktu minimal dua tahun, pekerjaan promosi menjadi lebih ringan. Kita tinggal mengeluarkan produk dengan model baru atau desain baru, konsumen tidak perlu lagi edukasi dari awal.

Itulah empat poin yang menurut kami pentingnya punya brand yang kuat dalam menjalankan sebuah bisnis. Bisnis apa saja, termasuk dalam bisnis jual perosotan kolam atau mainan kolam renang. Kami yakin, ketika brand yang kami bangun sekarang ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, perjalanan bisnis mainan fiberglass yang jalani dalam jangka panjang mempunyai prospek yang bagus untuk bertahan dan berkembang.

Sebuah branding bisnis yang besar baik itu branding merk produk, branding produk jasa, branding personal dan branding-branding bisnis lainnya tidak dibangun dalam sehari semalam. Ia dibangun dalam waktu yang panjang, konsisten dan adaptif. Berikut sedikit kami jelaskan jelaskan langkah-langkah membangun branding yang kuat yang beberapa sudah kami praktekkan.

  • Kualitas produk yang terjamin. Sekuat apa pun branding yang akan Anda bangun kalau kualitas produk Anda tidak bisa diandalkan, branding Anda tidak akan ke mana-mana. Hanya akan jalan di tempat. Pastikan ketika Anda berniat bisnis untuk jangka panjang dan ingin membangun branding yang kuat di tengah konsumen, kualitas produk harus terjamin bagus. Itulah yang dilakukan oleh produk-produk besar yang bertahan puluhan bahkan ratusan tahun dengan brandingnya.
  • Kemampuan adaptasi cepat. Kita tahu bahwa bisnis adalah dunia yang sangat cepat sekali berubah. Kompetitor datang setiap saat dengan tawaran-tawaran kecanggihannya. Nokia dulu pernah menjadi raja telepon genggam sekarang tinggal cerita. Adaptasi yang cepat adalah kuncinya. Selalu amati perubahan pasar dan selera konsumen. Lakukan perubahan-perubahan agar tetap bisa diterima oleh konsumen baik itu dari segi produk dan marketing.
  • Jangan cepat puas. Bersyukur boleh, puas jangan. Itulah yang harus menjadi prinsip orang-orang yang terjun dalam dunia bisnis. Puas di sini lebih condong ke konotasi membuat kita berleha-leha dan kurang bersemangat untuk melakukan pembaharuan dalam bisnis. Dalam bisnis, ini sangat beresiko. Seperti yang kami sebutkan di poin dua di atas, kompetitor setiap saat selalu melakukan yang terbaik untuk berkembang dan bertahan dalam bisnis.
  • Punya rencana jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Kalau Anda memang sudah memutuskan untuk terjun 100% dalam dunia bisnis dan ingin membangun branding yang kuat, membuat rencana jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang itu keharusan. Rencana jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang ini akan menjadi peta dalam menjalankan bisnis. Istilah bisnis nya adalah blue print. Bila perlu dalam menyusun blue print bisnis, kita meminta pendapat ahli yang sudah bergelut dalam dunia bisnis sudah lama dan berpengalaman.
  • Karyawan terlatih dan dibayar diatas rata-rata. Karyawan adalah salah satu aset perusahaan yang harus diperhatikan kesejahteraannya. Sebagai owner, kita tidak boleh bertindak seperti bos yang memerintah karyawan semau kita. Kita harus memerhatikan kesehatan jasmani dan juga emosionalnya. Ketika karawan sakit tentu saja akan berpengaruh pada operasional usaha kita. Begitupun dengan kesehatan emosionalnya, ketika mempunyai karyawan-karyawan dengan kecerdasan emosional yang bagus dan bisa bekerja dalam tim, usaha yang kita jalankan pasti akan berjalan lancar. Begitupun dengan sistem penggajiannya, kalau bisa di atas rata-rata karyawan di perusahaan lain. Dengan bayaran yang pantas atau di atas rata-rata, kinerja mereka akan meningkat dan maksimal.
  • Promosi yang bagus dan terus menerus. Promosi adalah cara kita dalam menawarkan produk yang kita jual kepada calon konsumen. Promosi berisi informasi penting tentang produk yang kita jual, bahan bakunya, keunggulannya, manfaat yang bisa didapatkan dengan membeli produk kita dan hal-hal menarik lainnya. Saat ini, media promosi yang tersedia sangat banyak banyak sekali khususnya yang berbasis platform online. Bisa lewat website perusahaan, lewat media sosial seperti facebook, instagram, bisa lewat video youtube dan juga tiktok. Semakin banyak konsumen yang kita jangkau dengan promosi yang kita buat efek untuk meningkatkan volume penjualan produk dan kesadaran branding tentu juga semakin bagus.

Itulah point-point yang ingin kami bagikan dalam artikel ini. Beberapa dari ulasan yang kami tulis sudah kami terapkan dalam membangun branding Sakti Fiberglass untuk produk perosotan kolam renang dalam meningkatkan performa bisnis kami secara keselurahan. Kami punya impian untuk menjadi brand Sakti Fiberglass sebagai brand yang diperhitungkan dalam bisnis mainan kolam fiberglass dalam beberapa tahun ke depan. Mengikuti blue print bisnis yang kami susun saat ini, memang banyak hal yang harus kami lakukan untuk mewujudkan itu menjadi kenyataan. Tidak mudah tapi juga bukan suatu hal yang mustahil.

Baca juga: perosotan kolam renang fiberglass

Apa yang kami paparkan tentang membangun brand yang kuat untuk mendukung kesuksesan bisnis tidak hanya untuk bisnis mainan kolam renang fiberglass saja. Bisa diterapkan di semua bisnis. Yang kami tulis di atas adalah hal-hal universal yang sudah dilakukan oleh banyak perusahaan besar. Langkah-langkah itu bisa kita tiru untuk membangun bisnis yang sedang kita jalani saat ini. Amati, tiru dan modifikasi. Banyak produk-produk baru muncul di era internet seperti sekarang dengan mengikuti planning bisnis yang disusun secara sistematis oleh orang-orang yang sudah ahli di bidangnya masing-masing. Sebagai pelaku bisnis kecil, tinggal kita mau belajar dan berkembang atau tidak. Atau sudah cup puas dengan pencapaian kita hari ini?

Bagikan informasi tentang Membangun Branding Sakti Fiberglass Untuk Produk Perosotan Kolam Renang kepada teman atau kerabat Anda.

Membangun Branding Sakti Fiberglass Untuk Produk Perosotan Kolam Renang | 081392717613 Kontraktor Waterboom | Jual Playground

Temukan Kami
Open chat
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan