Beranda » Blog » Peluang Pengembangan Bisnis Wisata Waterboom dengan Media Online

Peluang Pengembangan Bisnis Wisata Waterboom dengan Media Online

Diposting pada 29 January 2024 oleh admin / Dilihat: 94 kali

Peluang Pengembangan Bisnis Wisata Waterboom dengan Media Online

Mari kita awali pembahasan kali ini dengan satu pertanyaan sederhana. Apa yang akan Anda lakukan saat mencari rekomendasi destinasi wisata yang tepat untuk berakhir pekan? Tentu jawabannya adalah, mengambil ponsel pintar Anda dan mulai menjelajahi mesin pencarian untuk mendapatkan rekomendasi terbaik. Disinilah terlihat jelas, bahwa transformasi digital telah merambah ke segala aspek sehingga penting bagi pebisnis untuk menempatkan bisnis mereka di media online agar dapat ditemukan oleh konsumen.

Peluang Pengembangan Bisnis Wisata Waterboom dengan Media Online terbaru

Terlebih untuk bisnis wisata seperti Waterboom, dimana sebagian besar orang akan mencari Informasinya di internet. Oleh karenanya, jika saat ini Anda sedang merintis bisnis Waterboom atau Waterpark dan sedang memikirkan cara pemasaran dan pengembangan bisnis yang efektif, Anda berada pada artikel yang tepat. Karena pada artikel ini akan kami bahas, bagaimana peluang pengembangan bisnis wisata Waterboom menggunakan media online. Jika informasi ini yang Anda cari, mari simak hingga selesai ulasannya!

Potensi Media Online untuk Mengembangkan Bisnis Wisata Waterboom

Tak dapat dipungkiri, kini semua orang terhubung di jejaring sosial untuk berbagi cerita, informasi, hingga pengalaman mereka. Bahkan menurut sebuah survei, penggunaan media sosial di Indonesia sangat tinggi yakni mencapai 86% dengan penggunaan rata-rata 3 jam per hari.

Dengan trafik yang tinggi setiap harinya, tentu hal ini merupakan peluang yang baik bagi pelaku bisnis wisata Waterboom untuk mengenalkan hingga memasarkan bisnis mereka, karena pasti target pasar ada di sana. Selebihnya yang jadi persoalan hanyalah, bagaimana strategi digital marketing yang efektif untuk menjangkau dan memikat target pasar Anda melalui media online ini. Mari cari tahu lebih jauh!

Apa Keuntungan Pemasaran Digital untuk Bisnis Wisata Waterboom?

Sebelum membahas mengenai strategi yang tepat, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa bisnis Anda harus menerapkan pemasaran digital melalui media online. Dan inilah jawabannya:

●     Efisiensi Waktu

Dibandingkan pemasaran konvensional dimana Anda harus mencetak brosur dan membagikannya secara langsung ke calon pelanggan, tentu pemasaran melalui media online jauh lebih hemat waktu.

Dalam satu waktu Anda dapat membagikan konten brosur digital Anda pada beberapa media online sekaligus. Baik pada WhatsApp, Facebook, maupun Instagram. Dengan penggunaan waktu yang lebih efisien, tentu Anda akan mendapatkan progres yang lebih cepat dan berdampak pada perkembangan bisnis Waterboom yang sedang Anda jalani.

●     Hemat Biaya

Biaya pencetakan, pengiriman surat, dan ruang iklan dalam media cetak akan selalu jauh lebih tinggi dibandingkan biaya menjangkau pelanggan secara online. Dan dalam beberapa kasus, seperti  iklan PPC, biaya Anda ditentukan oleh berapa banyak orang yang merespons—bukan berapa banyak orang  yang mungkin  merespons.

●     Kemudahan dalam Menjangkau Target Pasar

Baik dulu maupun kini, sangat sulit menjangkau pelanggan potensial melalui pemasaran konvensional. Terlebih jika Anda tidak memiliki budget promosi yang cukup.

Lain halnya dengan pemasaran via media online. Biaya bukanlah permasalah nomor satu. Anda dapat menjangkau pelanggan dengan biaya ekonomis, asal Anda berkemauan untuk belajar.

Mengingat semua informasi kini dapat dengan mudah diakses, bukan hal yang terlampau sulit untuk mempelajari bagaimana mengoptimalkan kehadiran bisnis Anda di berbagai media online seperti website dan media sosial sehingga bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pelanggan potensial.

●     Analisis Lanjutan

Bisa dibilang keuntungan terbesar yang ditawarkan pemasaran digital adalah  analisis tingkat lanjut . Dengan alat yang tepat, Anda dapat mengukur efektivitas hampir di setiap aspek kampanye yang telah dilakukan. Hal ini pada akhirnya memungkinkan Anda membuang aspek-aspek yang tidak berfungsi, dan meningkatkan aspek-aspek yang optimal.

Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis Wisata Waterboom

Terdapat banyak sekali pebisnis yang memasarkan produk mereka melalui media online. Namun tentu, hasil yang didapat akan berbeda-beda tergantung pada strategi yang diterapkan. Jangan takut kalah bersaing, berikut beberapa strategi pemasaran digital yang dapat Anda terapkan pada bisnis wisata Waterboom Anda:

1. Membuat dan Mengoptimalkan Google My Business (GMB)

Google My Business  (GMB) atau Google Bisnisku merupakan aplikasi gratis yang disediakan oleh Google untuk mengatur keberadaan sebuah destinasi wisata  ataupun layanan bisnis Anda. Google Bisnisku juga dapat digunakan untuk meningkatkan hubungan antara tuan rumah ( pemilik bisnis ) dengan calon wisatawan potensial secara online. Lebih lanjut, penggunaan Google Bisnisku memiliki ragam manfaat bagi bisnis wisata Waterboom, diantaranya:

  • Membuat objek wisata Waterboom semakin terkenal dan mudah diakses oleh calon wisatawan.
  • Memudahkan wisatawan untuk menemukan dan menuju lokasi Waterboom, karena pada Google Bisnisku akan tercantum jam operasional, produk atau layanan yang dijual, nomor telepon, dan lokasi Waterboom.
  • Memudahkan wisatawan memberikan penilaian (review) atau masukan terhadap wisata Waterboom yang Anda kelola.
  • Memudahkan pengelola wisata Waterboom dalam menganalisa tren perjalanan.
  • Meningkatkan kunjungan dan pendapatan bisnis wisata Waterboom.

2. Membuat dan Mengoptimalkan Konten di website

Website yang baik bukan hanya harus memiliki responsivitas dan kecepatan akses yang tinggi, melainkan harus memiliki daya tarik yang membuat pengunjung betah berlama-lama berselancar di dalamnya.

Hal inilah yang menjadi PR bagi para pebisnis untuk dapat membuat konten yang informatif sekaligus menarik bagi pengunjung website.

Dalam beberapa kasus yang terjadi di lapangan, banyak  objek wisata yang telah mengembangkan website, namun mengalami progres yang lamban. Fenomena ini disebabkan ragam hal seperti, tampilan website yang kurang user friendly, tata letak yang kurang rapi dan nyaman untuk dilihat, dan intensitas postingan konten website yang rendah.

Mengingat pengelolaan website Anda berpengaruh terhadap pengembangan bisnis wisata Waterboom Anda, kini saatnya Anda meningkatkan konsistensi dalam mengelola website bisnis secara lebih serius.

Untuk dapat mengembangkan sebuah website bisnis, penting untuk menentukan siapa saja yang nantinya akan dilibatkan menjadi kontributor untuk mengisi website agar kian eksis di mesin pencarian.

3. Optimalkan Penggunaan Sosial Media

Selain website, media sosial merupakan jenis media online yang efektif untuk mengembangkan bisnis wisata Waterboom Anda. Beberapa platform media sosial yang efektif digunakan untuk mempromosikan bisnis wisata Waterboom Anda antara lain Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok.

Sama seperti pengelolaan website, kualitas konten dan konsistensi posting juga menjadi kunci untuk meraih followers secara organik yang nantinya berpotensi menjadi pengunjung wisata Waterboom Anda.

Buat konten yang variatif berupa foto dan video dengan desain yang menarik. Jangan hanya sekedar memposting konten marketing, variasikan juga dengan konten informatif dan menghibur untuk meningkatkan engagement dengan followers Anda.

4. Menjalin Kemitraan

Perlu dipahami bersama, sektor pariwisata seperti Waterboom tak akan dapat berdiri sendiri tanpa adanya kolaborasi antar dan lintas sektor untuk dapat mengembangkan bisnis agar semakin besar.

Untuk itu bukalah pintu, dan jalinlah kemitraan dengan mitra potensial seperti travel blogger dan vlogger, komunitas fotografer, para influencer, maupun mitra dengan konsep Business to Business (B2B) seperti layanan tiketing online, transaksi digital (e-money), dan lain sebagainya.

Ciptakan Konsumen yang Loyal dengan Wahana Waterboom Berkualitas dari Sakti Edutoys

Itu dia insight mendalam seputar peluang, potensi, hingga strategi digital marketing melalui media online untuk mengembangkan bisnis Waterboom Anda. Namun tentu saja, ketika strategi digital marketing telah optimal dan berhasil meningkatkan pengunjung Waterboom, jangan lupa untuk memanjakan pengunjung dengan ragam wahana yang menarik dan kekinian.

Baca juga: Pusat mainan playground anak Jakarta untuk taman kolam renang

Dalam hal ini, tak perlu bingung, karena Anda dapat menjadikan Sakti Edutoys sebagai mitra penyedia wahana Waterboom terpercaya untuk bisnis Anda. Sakti Fiberglass menyediakan ragam pilihan wahana Waterboom berkualitas tinggi dengan desain yang mengikuti tren terkini. Menerima pesanan hingga pemasangan di seluruh wilayah Indonesia, dapatkan wahana Waterboom untuk bisnis Anda dari Sakti Fiberglass sekarang juga!

Bagikan ke

Peluang Pengembangan Bisnis Wisata Waterboom dengan Media Online

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Peluang Pengembangan Bisnis Wisata Waterboom dengan Media Online

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Open chat