Buka jam 08.00 s/d jam 22.00
Beranda » Review Produk Terbaru » Tujuh Hal yang Harus Disiapkan Ketika Berwisata di Waterpark

Tujuh Hal yang Harus Disiapkan Ketika Berwisata di Waterpark

Diposting pada 25 September 2021 oleh admin

Tujuh Hal yang Harus Disiapkan Ketika Berwisata di Waterpark

Tujuh hal yang harus disiapkan ketika berwisata di waterpark – Wisata atau piknik adalah salah satu kegiatan penting yang harus kita agendakan secara rutin bersama keluarga dan teman. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dalam kegiatan piknik dengan teman dan keluarga. Sebagai kontraktor watepark, kami merasa berkewajiban untuk membuat sebuah tulisan tentang apa saja yang harus disiapkan oleh keluarga yang akan berwisata ke arena waterpark. Untuk mempermudah pembaca dalam memahami tulisan yang  kami buat, kami merangkumnya dengan judul “tujuh hal yang harus disiapkan ketika berwisata di watarpark.” Semoga bisa menjadi tips yang menarik buat Anda yang akan berwisata bersama teman dan keluarga ke watepark/watepark.

Tujuh Hal yang Harus Disiapkan Ketika Berwisata di Watarpark yang menyenangkan

Agar acara piknik Anda ke wahana waterpark/waterboom bersama teman dan keluarga berjalan sesuai dengan yang diharapkan, berikut ini sepuluh hal yang harus Anda siapkan sebelum berangkat.

1. Informasi wahana waterboom/waterpark yang Anda kunjungi

Saat ini, informasi apa saja sangat mudah untuk kita akses dengan media internet melalui platform youtube, website, instagram, facebook, tiktok dan platform lainnya. Rata-rata semua wahana waterpark sudah tersedia di internet baik oleh si pengelola waterboom itu sendiri atau orang yang sudah pernah berkunjung ke sana. Apa saja mainan yang ada di sana, lokasi wahana wisata, harga tiket, dan juga fasilitas-fasilitas penunjung untuk pengunjung seperti musholla, kamar ganti dan juga kantin. Informasi yang lengkap sangat membantu sekali untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan mengecewakan ketika berlibur.

2. Anggaran yang cukup

Dari informasi yang Anda dapatkan di situs resmi wahana waterboom/waterpark atau dari forum wisata, Anda bisa tahu perkiraan dana yang harus Anda siapkan. Dana itu meliputi dana konsumsi untuk makanan di restoran kalau Anda tidak menyiapkan makanan dari rumah, tiket masuk wahana wisata, bensin untuk kendaraan kalau Anda membawa mobil pribadi, dana untuk kendaraan kalau Anda menggunakan kendaraan umum bis/travel kereta api atau rental mobil, dan juga dana untuk menginap di hotel atau homestay kalau Anda di luar kota.

Untuk tiket masuk wahana waterboom saat ini rata-rata harganya di kisaran 25 ribu-100 ribu. Misalkan tiket wahana waterpark paling besar di Jogja yaitu Jogja Bay di hari weekend Sabtu Minggu 100 ribu di hari biasa kisaran 50 ribu-an. Itu harga yang wajar untuk sekelas wahana waterpark Jogja Bay dengan banyak fasilitas mainan dan tempat selfi yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Adapun tiket masuk di wahana waterpark yang ukurannya lebih kecil biasanya kisaran 25 ribu-50 ribu. Berapa anggota keluarga yang Anda bawa dan berapa tempat wisata yang hendak Anda kunjungi bisa Anda perkirakan sebelum berangkat. Usahakan sesuai dana saja, jangan memaksa untuk berwisata biaya tinggi kalau saat ini masih belum memungkinkan. Bukan pikiran fresh yang Anda dapatkan setelah berwisata tapi pusing mikrin utang.

3. Tubuh yang fit/sehat

Berwisata dalam kondisi sehat adalah syarat mutlak untuk menikmati liburan yang menyenangkan. Berwisata dalam kondisi badan kurang fit tidak dianjurkan karena bisa jadi membuat kita tidak fit. Selain resiko menjadi tambah kurang karena perjalanan jauh, kita juta tidak bisa menikmati berwisata di kolam renang waterboom secara maksimal. Maka, jauh-jauh hari sebelum melakukan wisata, usahakan jaga kesehatan secara maksimal dengan makan makanan bergizi, vitamin, olahraga, istirahat yang dan suplemen makanan. Dengan usaha menjaga kesehatan secara maksimal, ketika pada hari H berwisita, tubuh dalam kondisi fit, sehat dan siap untuk menikmati liburan bersama anak-anak dan teman.

4. Pakaian ganti/pakaian renang

Jangan lupa, karena Anda berwisata air untuk menyiapkan pakaian ganti baik itu pakaian renang dan juga pakaian ganti. Ketika selesai berenang atau bermain, anak-anak langsung ke ruang bilas untuk membersihkan tubuh dari air kolam yang  mengandung kaporit dengan sabun  dan sampo.Kemudian mereka ganti baju dengan baju bersih yang sudah disiapkan dari rumah. Menggunakan baju sebelum renang sepertinya kurang kami anjurkan karena kesegarannya kuran bagi anak-anak. Kalau Anda lupa kadang di wahana kolam renang juga menyediakan sewa baju renang anak dan itu kurang kami rekomendasikan untuk kesehatan kulit anak. Misalkan lupa untuk membawa baju renang anak, sebaiknya Anda beli yang baru di wahana waterpark.

5. Tidak perlu membawa bekal makanan ke wahana waterpark

Beberapa wahana waterpark yang pernah kami kunjungi tidak mengizinkan pengunjung untuk membawa makanan baik itu berupa cemilan dan makanan berat ketika berwisata. Bahkan air minum pun kadang tidak boleh. Alasannya mungkin mereka sudah membuat kantin di area wahana waterpark untuk menambah pemasukan agar semakin laku. Bagi pengunjung aturan ini mungkin memberatkan tapi juga harus kita patuhi karena itu sudah aturan yang dibuat oleh pengelola dalam mengembangkan usaha mereka. Maka, siapkan dana lebih untuk putra-putri Anda jajan di arena waterpark. Jajan yang disiapkan juga cukup lengkap di dalam mulai mie cup, nasi, gorengan, bakso, minuman ringan, dan juga makanan ringan.

6. Awasi putra-putri Anda yang sedang bermain

Bagi Anda yang berwisata di wahana waterpark dengan putra-putri dengan umur dibawah 10 tahun, temani dan awasi putra-putri Anda yang sedang bermain di air. Memang  ada pengawas yang ditugaskan oleh pengelola wahana yang siap memberi bantuan setiap saat, tapi ketika pengunjung sedang ramai, mungkin saja fokus mereka terbagi banyak. Dengan selalu mengawasi putra-putri yang sedang bermain di kolam renang atau di wahana playground kolam renang, kecelakaan kecil atau besar seperti teggelam atau terjatuh dari wahana mainan pada anak bisa kita hindari.

7. Berangkat lebih pagi

Rata-rata jam operasional wahana waterboom-waterpark mulai jam tujuh pagi hingga pukul lima sore. Sebisa mungkin Anda berangkat pagi agar waktu bermain bisa menjadi lebih panjang. Dengan berangkat lebih awal, selain waktu bermain di wahana watepark menjadi lebih panjang, waktu bersantai untuk makan, sholat dan juga jalan-jalan di wahana waterpark menjadi lebih longgar. Sering kali, anak-anak juga ingin bermain berlama-lama di wahana air bersama dengan  teman-teman sebaya mereka yang datang dari  berbagai wilayah. Kalau berangkat sore, waktu Anda akan sangat terbatas dan disayangkan Anda sudah membayar tiket mahal.

Piknik atau berwisata bersama keluarga dan teman adalah kegiatan yang sangat positif dan banyak manfaat untuk kesehatan jasmani dan rohani. Mungkin banyak orang melihat kegiatan piknik sebagai kegiatan yang biasa-biasa saja dan tidak perlu menjadi kegiatan prioritas. Padahal, menurut beberapa ahli baik itu ahli kesehatan dan pendidikan, piknik mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan jangka pendek dan jangka panjang. Berikut ini manfaat dari berwisata agar Anda lebih menyadari bahwa dibalik sesuatu yang biasa dari piknik, ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan dari kegiatan ini.

Menghilangkan stress

Kegiatan rutin yang terus kita lakukan sepanjang bulan atau tahun akan membuat kita merasa jenuh dan tidak jarang membuat kita menjadi stress. Kegiatan rutin yang rata-rata dilakukan oleh sebagian orang di era modern seperti sekarang adalah bekerja di kantor, mengajar, menyelsaikan pendidikan, mengerjakan bisnis sendiri atau mengurusi anak-anak. Kegiatan yang terus menerus dan monoton tidak hanya membuat tubuh yang lelah tapi juga pikiran. Seakan-akan hidup ini membosankan dan tidak menarik. Hidup setiap hari dikejar deadline pekerjaan dan tugas pendidikan. Salah satu cara untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan beban pikiran yang sumpek dan stress itu adalah dengan berwisata. Bisa ke wisata alam seperti gunung, danau, jalan-jalan di mall, bewisata ke pantai, nongkrong di warung kopi atau berwisata ke wahana kolam renang waterpark.

Menyelengi rutinitas pekerjaan dan pendidikan dengan berwisata bisa membuat pikiran yang sumpek dan stress tadi menjadi lebih fresh bugar kembali. Kita bisa melupakan sejenak kepenatan beban kerja dan beban tugas pendidikan yang sedang kita jalani. Persoalan-persoalan berat yang sedang membebani pikiran secara tidak sadar sering sekali  ketemu solusinya ketika kita tinggalkan sejenak dengan berwisata atau bermain game. Seperti tidak  masuk akal, tapi begitulah cara banyak orang menemukan solusi pekerjaan dan pendidikan mereka. Mungkin dengan mengistirahatkan sejenak pikiran dari beban pekerjaan dan pendidikan akan membuat otak menjadi lebih segar dan siap untuk memproses masalah-masalah pekerjaan dan pendidikan yang kita hadapi dan menemukan solusi yang lebih fresh dan tidak terpikirkan sebelumnya.

Sekolah-sekolah swasta yang menyadari pentingnya kesegaran pikiran dalam proses belajar mengajar menyetting kegiatan belajar mengajar siswa dengan kegiatan yang menyenangkan dan wisata. Mereka menyebutnya dengan wisata edukasi. Belajar sambil piknik. Kelihatan bertolak belakang dengan tujuan pembelajaran dimana goalnya dari belajar di sekolah adalah mengejar target pencapaian kognitif kok dengan piknik. Tapi itulah kenyataannya. Anak didik bisa lebih cepat dalam mencapai target kemampuan kognitif yang diinginkan dengan kegiatan belajar mengajar yang santai dan menyenangkan. Dan sedihnya, tidak banyak lembaga pendidikan kita di Indonesia yang tidak menyadari fakta ini sehingga kita masih banyak menemukan kegiatan belajar mengajar di sekolah formal yang dilakukan dengan cara lama dan “membosankan” bagi sebagian besar anak didik.

Quality time bersama keluarga dan teman

Kesibukan kerja dan pendidikan sering kali membuat kita tidak mempunyai waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan teman. Berangkat kerja/sekolah pagi, pulang sore atau bahkan malam. Badan dan pikiran sudah lelah. Belum lagi kalau urusan pekerjaan dan pendidikan harus dibawa ke rumah karena belum selesai. Waktu untuk ngobrol ringan-ringan dan bercanda bersama keluarga hampir tidak ada. Dengan rutin melakukan piknik bersama, kegiatan super sibuk yang kita lakukan dan membuat kita tidak sempat sama sekali ngobrol-ngobrol ringan/bercanda dengan keluarga dan teman menjadi ada. Ngobrol ringan dan bercanda dengan keluarga membuat hubungan emosional kita menjadi lebih dekat dan secara kesehatan mental sangat penting sekali dalam menghadapi tekanan pekerjaan dan pendidikan dalam rutinitas kehidupan kehidupan sehari-hari.

Adanya kuality time bersama keluarga dan teman juga bisa membuat kita bisa saling memahami satu sama lain dengan lebih mendalam. prasangka-prasangka antar keluarga dan teman bisa kita kurangi. Mungkin selama ini kita mengira anak kita kok prilakunya kurang menyenangkan bagi kita ternyata salah persepsi dari kita. Ada alasan dibalik mereka melakukan itu yang tidak kita pahami karena kita jarang ngobrol dari hati-ke hati dengan anak-anak atau orang tua kita. Ketika kita saling memahami secara mendalam satu sama lain dengan teman dan keluarga, pikiran kita menjadi lebih segar. Kita bisa lebih plong ketika harus curhat atau ngobrol mulai masalah yang ringan dan berat dengan mereka. Kita bisa menemukan solusi-solusi yang selama ini terasa tidak mungkin dengan ngobrol secara terbuka dan mendalam dengan orang-orang terdekat kita tanpa diganggu beban pekerjaan dan pendidikan.

Memperluas dan membuka pikiran

Jalan-jalan/piknik memungkinkan kita untuk melihat hal-hal baru dan menarik yang tidak akan kita dapatkan di rumah. Mungkin saat ini kita bisa keliling dunia dengan mudah lewat dunia maya baik dengan menonton youtube, facebook, instagram atau tiktok, tapi pengalaman reali berkunjung langsung tidak akan pernah tergantikan dengan pengalaman virtual. Merasakan langsung wisata waterboom, wisata gunung, sungai, berenang di kolam renang atau nongkrong di cafe memberikan kita sebuah pengalaman yang menyegarkan dan inspiratif dalam memaknai hidup dan sudut pandang yang berbeda dalam melihat sebuah masalah.

Ketika berwisata kita bisa menemukan banyak pengalaman baru, pandangan baru, orang-orang baru, dan juga ide-ide baru yang memberikan pandangan hidup yang benar-benar segar. Sesuatu yang tidak pernah terlintas di pikiran kita tiba-tiba muncul karena jalan-jalan. Bisa itu dalam bentuk ide bisnis, ide pendidikan dan juga ide pengembangan diri. Pikiran yang segar memungkinkan kita untuk lebih semangat dan produktif dalam bekerja dan belajar. Maka kalau Anda sedang tumpul ide dalam bekerja dan belajar, tidak ada salahnya ANda mencoba untuk rehat sejenak dengan jalan-jalan ke gunung, sungai atau mall.

Jejak kenangan yang tak terlupakan

Piknik  dan jalan-jalan ke tempat baru seperti perjalanan dari kampung ke kota atau kota ke kampung pengalaman yang  akan membekas sangat kuat pada anak-anak. Mereka akan mengenangnya hingga hari tua. Mereka juga akan menceritakannya kepada teman-teman sebaya di sekolah dengan penuh antusias. Imajinasi-imajinasi mereka berkembang dari pengalaman langsung berenang di kolam renang waterboom, berwisata ke air terjun, ke pantai, camping ground, playground di mall dan juga mengunjungi nenek di kampung. Pengalaman yang menarik itu akan menemani mereka sepanjang hayat untuk selalu berbuat kebaikan bagi diri sendiri, sesama dan juga alam semesta.

Memberikan pengalaman yang menarik di usia kanak-kanak secara perkembangan mental, kognitif dan sosial sangat bagus sekali. Dalam dunia pendidikan kita mungkin mengenal istilah learning from the expert, wisata edukasi dan permainan edukasi. Seperti kami jelaskan di atas, anak-anak bisa memahami pelajaran yang materinya berat-berat dengan metode “senang-senang”. Bermain sambil belajar  atau belajar sambil bermain adalah dua istilah yang saat ini banyak digunakan oleh metode-metode pengajaran modern untuk meningkatkan kemampuan anak belajar secara cepat dan akurat materi-materi berat yang dikurikulumkan oleh pemerintah.

Secara garis besar, itulah manfaat yang bisa kita nikmati dan rasakan dengan melakukan piknik bersama teman dan keluarga. Kalau mau dijabarkan lebih panjang kali lebar mungkin bisa lebih dari sepuluhan halaman tulisan saking banyaknya manfaat yang didapatkan dari berwisata secara umum. Di masa pandemi seperti sekarang ini dimana kegiatan wisata sangat dibatasi oleh pemerintah, kita harus menahan dan tetap menjaga kewarasan tubuh dan otak. Semoga pandemi bisa cepat berlalu dan kita bisa berwisata lagi bersama teman dan keluarga tercinta.

Bagikan informasi tentang Tujuh Hal yang Harus Disiapkan Ketika Berwisata di Waterpark kepada teman atau kerabat Anda.

Tujuh Hal yang Harus Disiapkan Ketika Berwisata di Waterpark | 081392717613 Kontraktor Waterboom | Jual Playground

Komentar dinonaktifkan: Tujuh Hal yang Harus Disiapkan Ketika Berwisata di Waterpark

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Open chat
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan