Beranda » Blog » Perlunya Kestabilan Website dalam Memaksimalkan Marketing Perosotan Kolam Renang

Perlunya Kestabilan Website dalam Memaksimalkan Marketing Perosotan Kolam Renang

Diposting pada 4 December 2021 oleh admin / Dilihat: 243 kali

Perlunya Kestabilan Website dalam Memaksimalkan Marketing Perosotan Kolam Renang

Perlunya kestabilan website dalam memaksimalkan marketing perosotan kolam renang – dalam dua hari terakhir ini, mulai kamis siang kami siang ketika kami sedang mengerjakan salah satu website komersial kami tiba-tiba di tengah proses membuka website, tiba-tiba website tersebut tidak bisa dibuka sama sekali. Kami bingung. Kami hubungi provider tempat kami menyewa hosting juga websitenya tidak dibuka. Biasanya ketika website kami mengalami masalah, kami akan langsung menghubungi provider untuk menanyakan masalah yang sedang terjadi. Tapi pada hari Kamis kemarin, semuanya stuck tidak bisa apa-apa. Kami menghubungi whatsap provider juga tidak ada jawaban. Telepon juga tidak diangkat. Benar-benar horor. Padahal dua website utama dan beberapa website klien yang kelola ada di provider tersebut. Akhirnya setelah beberapa jam tidak ada kejelasan, sekitar jam empat sore baru kami mendapat jawaban. Ternyata Gedung Cyber di Jalan Kuningan Barat Raya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan mengalami kebakaran.

Perlunya Kestabilan Website dalam Memaksimalkan Marketing Perosotan Kolam Renang di era teknologi informasi

Kebakaran di Gedung Cyber di Jalan Kuningan Barat Raya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan yang menjadi pusat data banyak perusahaan besar di Indonesia tentu menjadi berita nasional yang disiarkan banyak stasiun televisi dan juga portal berita online. Gedung Cyber yang ada di Jakarta Selatan ini menjadi salah satu objek vital negara karena di sini banyak perusahaan besar dan juga data negara yang disimpan. Selain banyak menyimpan data penting perusahaan, gedung Cyber juga menjadi salah satu jalur akses dari banyak perusahaan yang rata-rata saat ini sudah berbasis digital. Mulai dari data jual beli saham, marketplace, website komarsial skala besar, website berita dan masih banyak lagi. Terganggunya arus data di gedung Cyber membuat banyak perusahaan yang menyimpan data di sana atau menggunakan lalintas data via gedung Cyeber otomatis tidak beroperasi sama sekali. Sama seperti yang kami alami dalam dua hari kemarin. Selain musibah lalu lintas data yang terganggu, musibah kebakaran di gedung Cyber juga memakan korban jiwa sebanyak tiga orang dan dua orang meninggal dunia. Kami turut berduka kepada keluarga korban.

Dari kejadian ini banyak memberi kami pengalaman dan pelajaran untuk bisa mengantisipasi banyak hal dalam menjalankan bisnis kami saat ini yang memang sangat bergantung dengan marketing website. Beberapa langkah antisipasi yang bisa kami lakukan untuk meminimalisir hal-hal yang diluar kendali seperti yang baru saja ini kami alami yaitu server down akan kami jelaskan secara singkat di bawah ini.

Cermat dalam memilih provider yang jarang down

Sebelum memilih untuk memasarkan produk kita lewat website, ada baiknya Anda bertanya kepada orang-orang yang sudah lama bergelut dalam dunia perwebsite an tentang provider website yang tangguh atau jarang down. Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih provider website karena sangat rawan sekali down atau performa website Anda menurun dan memberikan pengalaman yang kurang bagus bagi calon konsumen. Ketika mereka ingin melihat produk yang Anda jual tapi ternyata website Anda tidak bisa diakses, tentu saja calon konsumen Anda akan pindah ke orang lain yang performa websitenya bagus. Kami pernah punya pengalaman beberapa kali menyewa hosting untuk jualan perosotan kolam renang pada provider website yang kurang bagus performanya. Website kami sangat lambat kami aksesnya atau tim supportnya lambat ketika ada masalah. Ini membuat kami was-was pada pengalaman yang kurang  bagus bagi calon konsumen baru yang mengunjungi website komersial kami.

Pengalaman yang bagus di website menurut kami adalah hal yang sangat penting untuk menggaet calon konsumen baru ketika memasarkan produk mainan kolam renang lewat website. Hal ini juga mungkin sering kami alami ketika mengunjungi sebuah website baik itu untuk membeli sebuah produk, mencari informasi atau sekedar hiburan, ketika website yang kita kunjungi memiliki kecepatan yang bagus dan penampilan yang menarik dan informatif, tentu kita akan lebih betah untuk berlama di website tersebut. Berbeda ketika kita mengunjungi website yang lambat dan penampilannya asal-asalan, kita pasti akan langsung mencari website lain yang menawarkan informasi serupa. Akhirnya dari pengalaman itu, beberapa kami mengganti provider website komersial tempat kami menyewa hosting. Yang paling sering alasan kami adalah karena kecepatan loading website dan kecepatan respon support. Dari pengalaman itu, kami mengetahui beberapa provider hosting yang mempunyai performa bagus dan supportnya cepat. Tapi tidak berarti semuanya sempurna, dalam setiap provider hosting pasti ada saja kelemahannya.

Menempatkan website dalam provider hosting yang berbeda

Cara yang cukup aman menurut kami ketika mengandalkan website dalam bisnis jual perosotan kolam renang adalah menempatkan website-website yang kita kelola di provider hosting yang berbeda. Kebetulan saat ini, kami menggunakan beberapa website untuk berbisnis mainan kolam renang. Kami menempatkan website-website tersebut tidak dalam satu provider hosting. Hal ini untuk menghindari ketika satu hosting tidak bisa diakses, website dari hosting yang lain masih normal dan bisa dikunjungi oleh calon konsumen. Seperti yang kami ceritakan di atas, ketika ada musibah kebakaran Gedung Cyber di Jakarta, beberapa website yang kami taruh di provider hosting yang berbeda masih bisa diakses oleh calon pembeli. Tapi ya itu, website-website di hosting yang berbeda tadi belum terlalu maksimal kami kelola seperti website-website yang kami taruh di provider hosting yang down. Dua hari tersebut kami merasa sangat khawatir dengan terlalu lamanya website down akan mempengaruhi posisi website kami yang saat ini sudah jauh di atas ekspektasi kami.

Pilihan kami saat ini adalah, website-website yang kurang begitu kami update kontennya di hosting yang berbeda harus mulai kami kerjakan secara pelan-pelan agar bisa meningkatkan volume penjualan kami lagi. Ini menuntut kami untuk lebih bekerja keras mengingat tenaga penglola website yang kami miliki saat ini masih sangat terbatas. Kami tidak ingin mengisi konten-konten untuk bisnis berbagai mainan kolam renang yang kami jalankan dengan asal-asalan asal kejar tayang. Konten komersial jual perosotan kolam renang yang dikerjakan secara asal-asalan mungkin untuk jangka pendek tidak masalah, tapi untuk jangka panjang sepertinya tidak ada jaminan akan aman di mesin pencari google. Konten-konten website komersial yang dikerjakan secara manual dan bisa dibaca dengan mudah oleh calon konsumen membuat google lebih mempriotaskan website kita untuk berada di halaman utama mesin pencari mereka.

Template website yang responsif dan enak untuk dilihat calon konsumen

Template selain hosting yang prima adalah salah satu faktor penting dalam menentukan ketertarikan calon konsumen dalam membeli produk di tempat kita. Template dalam bisnis lewat website ibarat tampilan toko dalam bisnis offline. Settingan toko sangat penting sekali untuk menarik calon pelanggan. Anda bisa melihat toko-toko jejaring modern kalau mau melihat tampilan toko yang menarik untuk dikunjungi konsumen. Mulai dari penataan barang sesuai dengan yang paling banyak dicari. Pengelompokan barang-barang mulai dari makanan ringan, makanan berat, kebutuhan pokok seperti beras, kebutuhan kamar mandi, kosmetika, kebutuhan bayi, rokok, dan berbagai kebutuhan sesuai dengan peruntukannya. Jadi ketika calon konsumen berkunjung ke toko tersebut, mereka sudah tahu rak mana yang harus mereka tuju tanpa harus muter-muter cara barang yang mereka cari karena tata letak barang yang tidak beraturan. Gambaran mudahnya seperti itu. Template website fungsinya kurang lebih seperti itu.

Template-template jualan perosotan kolam renang yang bagus mempunyai partisi atau peletakan barang sesuai dengan yang kita inginkan agar mudah diakses oleh konsumen. Anda bisa melihat tampilan website kami memiliki partisi yang sesuai dengan peruntukannya agar mudah diakses oleh konsumen. Ada bagian untuk etalase produk playground kolam renang, perosotan kolam renang, kontraktor waterboom, sepeda air fiberglass dan masih banyak lagi. Ketika konsumen mencari produk misalnya perosotan kolam renang, yang muncul adalah gambar-gambar perosotan kolam renang yang bisa menjadi referensi ketika konsumen belum punya gambaran tentang produk yang akan mereka beli. Begitupun dengan produk-produk yang lain. Hanya dengan membuka satu page saja dalam satu website komersial kami mereka sudah bisa memilih mainan kolam renang yang hendak mereka beli.

Berdasarkan pengalaman lagi, kami pernah menyerahkan pembuatan website ke salah satu developer website yang kami kenal lewat teman. Kami serahkan pembuatan website kami ke developer tersebut. Secara tampilan memang kami akui bahwa website yang dibuatkan oleh developer mempunyai tampilan yang sangat bagus untuk menarik calon konsumen baru. Kelemahannya adalah ada pada kecepatan loading website yang menjadi sangat lambat sekali. Bisa 10-15 untuk mengakses website kami tersebut. Kami saja malas untuk mengakses website kami kalau waktu loadingnya sangat lambat, apalagi calon pelanggan. Tentu mereka akan memilih untuk mencari website lain yang jual perosotan kolam renang yang lebih cepat untuk diakses. Normal kecepatan website maksimal waktu loadingnya adalah 3-5 detik. Kalau mendekati 10 detik itu sudah tidak enak bagi calon pengguna dan akan dinilai jelek oleh google sebagai pihak ketiga yang menampilkan website kita.

Karena waktu loading yang lama sangat berpengaruh dengan pengalaman calon konsumen yang kurang bagus dan juga mesin google sendiri. Mau tidak mau kami memulai ulang website dengan template baru yang enak dilihat dan loadingnya juga cepat. Meski harus berkorban uang lumayan banyak saat itu untuk membangun website tersebut. Kami teruskan pun sepertinya berat. Kami sudah mencoba dengan menggunakan hosting yang lebih besar lagi, hasilnya juga sama. Website masih tetap lambat. Setelah kami mengganti template yang kami gunakan, ternyata memang masalahnya di desain website yang memang berat untuk proses loadingnya. Kami tidak tahu, apakah faktor templatenya atau faktor banyaknya plug in yang diinstal sehingga mempengaruhi kinerja website tersebut.

Efektivitas marketing perosotan kolam renang dengan menggunakan website

Saat ini penggunaan website dalam memasarkan berbagai produk termasuk mainan perosotan kolam renang sudah sangat umum dilakukan. Ini tidak lepas dari penetrasi penggunaan internet di semua lapisan masyarakat baik itu di pelosok desa hingga kota. Ditambah harga paketan internet juga murah dan layanan wifi gratis yang sudah tersebar di mana-mana. Banyak pelaku bisnis yang memilih untuk menggunakan platform online yang salah satunya adalah website untuk menjangkau semakin banyak konsumen. Pengalaman kami dalam menjalankan bisnis mainan kolam renang dan juga berbagai macam mainan fiberglass lainnya cukup menggembirakan. Bahkan seperti yang sering kami tulis, 98% kemungkinan penjualan yang kami dapatkan didatangkan lewat website-website komersial yang kami kelola. Data calon konsumen yang menghubuni kami hingga saat ini karena mencari produk kami di mesin pencari google. Kalau kami ditanya tentang efektivitas marketing mainan perosotan renang kepada kami saat ini ya sangat efektif. Jawaban ini tentu sangat temporer mengingat kita tidak tahu perkembangan dunia marketing dalam jangka waktu satu dua hingga sepuluh tahun ke depan.

Bersamaan dengan penggunaan website, platform media online masih sangat banyak sekali yang bisa kita manfaatkan untuk mempromosikan mainan kolam renang fiberglass. Diantara beberapa pilihan platform online dnegan pengunjung yang banyak adalah marketplace besar seperti bukalapak, tokopedia, shopee, blibli dan masih banyak lagi, Bisa juga dengan menggunakan media sosial yang sedang hits seperti facebook, instagram, tiktok, youtube, pinterest dan juga tumbler. Tinggal sumber daya manusia yang Anda miliki mencukupi atau tidak untuk menggarap berbagai platform online tadi untuk promosi. Kalau masih terbatas jangan memaksakan diri untuk menggunakan semua platform online yang ada tersebut karena akan berdampak pada kurang maksimalnya marketing yang kita lakukan. Kontennya jadi asal-asalan dan kurang meyakinkan bagi calon konsumen baru. Fokus saja di satu platform dulu agar konten yang Anda buat bisa maksimal untuk menarik calon konsumen baru. Membuka akun jualan di berbagai platform juga bagus, tapi kalau tidak memungkinkan hanya digarap seadanya dulu. Kepentingannya hanya untuk branding awarness saja dalam jangka panjang.

Sakti FIberglass juga saat ini tetap mengerjakan marketing selain website tapi dengan porsi yang sangat terbatas. Kami tetap membuka akun di semua platform online untuk memperkuat branding awarness kami di mata pada calon konsumen baru bahwa kami hadir di mana-mana. Secara otoritas, ketika branding bisnis yang kita jalankan hadir di banyak platform baik itu yang online atau yang offline, konsumen menjadi tambah yakin untuk membeli produk mainan perosotan kolam renang yang kita jual. Karena sekarang, konsumen-konsumen sudah banyak yang mempunyai kesadaran tinggi dalam hal ketelitian ketika membeli produk lewat online. Mereka tidak akan sembarangan memtuskan untuk membeli suatu produk lewat website sebelum mengecek bebberapa akun media sosial dan marketplace yang dimiliki oleh si penjual. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kasus penipuan yang hingga kini masih marak terjadi karena kekurang hati-hati an dalam bertransaksi.

Sebagai penutup dari penjelasan kami mengenai perlunya kestabilan website dalam memaksimalkan marketing perosotan kolam renang yang cukup panjang ini, apa yang kami tulis ini sebagian besar berdasarkan apa sudah pernah kami alami dan baru saja kami alami. Apa yang kami tulis ini bisa saja terjadi di berbagai bisnis yang mengandalkan website untuk memasarkannya. Anda bisa belajar dari apa yang pernah kami alami. Kami yakin masih apa yang kami alami masih banyak kelemahan yang harus kami perbaiki. Belajar bisa darimana saja, apalagi saat ini kita hidup di dunia yang sudah tidak bisa lepas internet yang kita bisa dengan mudah untuk belajar banyak hal dari berbagai sumber yang di internet. Terima kasih sudah membaca ulasan kami yang masih jauh dari sempurna. Salam sukses.

Bagikan ke

Perlunya Kestabilan Website dalam Memaksimalkan Marketing Perosotan Kolam Renang

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Perlunya Kestabilan Website dalam Memaksimalkan Marketing Perosotan Kolam Renang

Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: