Buka jam 08.00 s/d jam 22.00
Beranda » Review Produk Terbaru » Analisis Kecelakaan Ambrolnya Seluncuran Waterboom Kenjeran Surabaya

Analisis Kecelakaan Ambrolnya Seluncuran Waterboom Kenjeran Surabaya

Diposting pada 11 May 2022 oleh admin

Analisis Kecelakaan Ambrolnya Seluncuran Waterboom Kenjeran Surabaya

Analisis kecelakaan ambrolnya seluncuran waterboom Kenjeran Surabaya – Euforia libur panjang Lebaran Idul Fitri tahun 2022 sangat luar biasa sekali bagi hampir sebagian besar masyarakat Indonesia. Tahun ini adalah tahun istimewa bagi perayaan Idul Fitri karena selama dua tahun sebelum ini, masyarakat Indonesia tidak bisa merayakan Idul Fitri semeriah tahun ini karena adanya pandemi yang tidak memungkinkan masyarakat untuk merayakan secara meriah. Maka, momen kelonggaran ini tidak disia-siakan oleh masyarakat dengan melakukan mudik ke kampung halaman masing-masing dan memadati berbagai tempat wisata yang selama ini sangat dibatasi jumlah pengunjungnya. Bersama dengan kebahagiaan yang membuncah tentu saja terselip kisah pilu selama Lebaran ini mulai dari kecelakaan lalulintas dan kecelakaan saat berwisata. Pada kesempatan ini kami ingin mengulas salah satu tragedi yang masih berkaitan dengan bisnis yang kami jalankan yaitu “Analisis kecelakaan ambrolnya seluncuran waterboom Kenjeran Surabaya.”

Analisis Kecelakaan Ambrolnya Seluncuran Waterboom Kenjeran Surabaya

Momen liburan Lebaran Idul Fitri adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar Muslim Indonesia. Selain sebagai momen untuk ibadah mendekatkan diri kepada Allah yang Maha Esa, momen ini juga sebagai waktu yang paling membahagiakan karena bisa liburan dan kumpul bareng dengan keluarga. Tidak heran, jutaan orang dari seluruh Indonesia pulang kampung ke berbagai daerah khususnya dari kota ke desa. Mereka rela menghabiskan uang juta-an rupiah dan senang-susah selama menempuh perjalanan menuju kampung halaman. Selama arus mudik dan juga arus balik, masyarakat rela menghabiskan waktu berhari-hari karena macetnya kendaraan selama perjalanan. Namun itu semua terbayar ketika mereka bisa sampai kampung halaman tercinta dan berkumpul bersama dengan keluarga besar yang tercecer karena tempat tinggal dan pekerjaan yang berbeda-beda.

Kembali topik dari artikel yang akan kami ulas pada kesempatan kali ini yaitu analisis kecelakaan ambrolnya seluncuran waterboom Kenjeran Surabaya, kami akan memecahnya menjadi beberapa poin agar lebih mudah kami jelaskan.Faktor keamanan memang menjadi poin penting bagi para pelaku usaha wisata waterboom dan juga kontraktor itu sendiri. Masalahnya, kecelakaan pada wahana waterboom yang terjadi di Kenjeran Surabaya bukan yang pertama. Kalau kita cari di google, beberapa kecelakaan waterboom yang pernah terjadi di Indonesia adalah. Pada tahun 2016, seorang remaja di Ambon meninggal dunia karena tersedot di air pembuangan kolam. Pada tahun 2011 juga terjadi keccelakaan waterboom kanal luncur wahana Atlantis, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara dan membuat membuat beberapa pengunjung luka-luka. Kecelakaan-kecelakaan lain masih ada.

Dari kejadi baru saja di Surabaya ini dan kejadian-kejadian yang sudah terjadi sebelumnya, kita bisa belajar banyak hal tentang prosedur keamanan pengelolaan wahana kolam renang waterboom. Berikut ini poin-poin yang menurut kami penting untuk dilakukan oleh pengelola agar tidak terjadi hal-hal kecelakaan yang tidak perlu atau bisa diminimalisir.

Memilih kontraktor yang berpengalaman dan punya lebih dari lima portopolio pekerjaan

Ketika sudah di tahap eksekusi pembuatan waterboom, memilih kontraktor waterboom yang sudah punya banyak portopolio adalah suatu hal yang wajib. Dengan portopolio yang sudah pernah mereka kerjakan, Anda bisa menilai kualitas dariĀ  produk mereka. Mulai dari ketebalan, model lintasan dan juga banyak sisi dari sebuah wahana waterboom. Masalahnya mainan wahana waterboom berbeda dengan produk kolam renang lainnya yang memang dari segi keamanannya memerlukan standar yang tinggi. Gagal sekali bisa berdampak buruk pada investasi ratusan juta hingga ratusan juta untuk membuat kolam, sarana penunjang dan juga pembelian waterboom itu sendiri.

Kualitas bahan baku yang terjamin bagus

Jangan tergiur dengan harga pembuatan waterboom yang dibawah harga pasar. Patutnya Anda curiga kalau mendapatkan harga pembuatan waterboom yang dibawah harga pasar. Bisa jadi memang itu benar Anda mendapatkan harga segitu dengan kualitas yang bagus, tapi sangat kecil sekali kemungkinannya. Yang umum tentu saja dengan harga dibawah harga normal, kontraktor akan menurunkan kualitas dari beberapa bahan baku yang digakainya. Dan ini harus diperjelas di awal. Jangan sampai setelah barang jadi. Tidak masalah harga wajar atau harga di atas rata-rata asal Anda bisa memastikan bahwa bahan yang digunakan oleh kontraktor adalah bahan-bahan yang berkualitas dan bisa berfungsi dalam jangka panjang. Seperti yang kita tahu bahwa investasi bisnis kolam renang waterboom adalah investasi yang dijalankan puluhan tahun.

Desain waterboom yang aman

Kasus terlemparnya wisatawan saat meluncur di perosotan waterboom di dunia ini beberapa kali terjadi. Untuk Indonesia, kami belum menemukan berita tentang terlemparnya wisatawan dari seluncuran waterboom. Harusnya ada, namun tidak diberitakan karena akan berdampak buruk pada wahana tersebut. Selain desain wahana waterboom yang aman, tentu saja seluncuran waterboom juga harus menantang. Tidak terlalu tajam juga tidak terlalu landai. Kalau terlalu landai akan membuat sensasi menggunakan waterboom jadi kurang terasa. Selain desain, sambungan antar slide juga harus benar-benar aman sehingga tidak membuat luka goresan saat digunakan. Untuk masalah sambungan antar slide, dari pihak pengelola harus secara berkala baik itu sekali seminggu atau dua minggu sekali untuk memeriksa sambungan ini agar tidak melukai kulit wisatawan.

Keamanan dari arus listrik

Di wahana kolam renang watrboom tentu tidak bisa lepas dari kebutuhan untuk kelistarikan untuk menjalankan fungsi dari wahana itu sendiri. Mulai dari lampu di area wahana, listrik untuk pompa, listrik untuk mesin filter dan lain sebagainya. Kita tahu sendiri bahwa air dan arus listrik akan sangat berbahaya bila terjadi kontak di posisi tersebut ada wisatawan. Sama dengan apa yang kami jelaskan di desain waterboom yang aman, pengecekan secara berkala apakah ada arus yang bocor yang bersentuhan dengan air sehingga membahayakan wisatawan harus segera diperbaiki.

Lifeguard yang selalu ready

Di wahana kolam renang waterboom dengan ukuran besar, adanya lifeguard (pengawas kolam renang) adalah kewajiban dari pengelola. Lifeguard mempunyai peran yang sangat vital untuk memastikan kalau ada kecelakaan kecil hingga besar di wahana kolam renang. Mulai dari terpleset karena lantai yang licin, pengunjung tenggelam, pengunjung kram saat berenang dan memperingatkan pengunjung yang mengganggu pengunjung lain. Untuk wahana yang memiliki panjang perosotan waterboom yang panjang, di titik luncur harus ada satu lifeguard yang tugasnya mengatur lalulintas seluncuran. Mereka akan mengatur jarak waktu antara satu pengunjung dengan pengunjung lain ketika meluncur. Tidak boleh dalam satu watu lebih dari lima orang meluncur secara bersamaan yang bisa mengakibatkan seluncuran menjadi over kapasitas.

Inspeksi harian, mingguan dan bulanan

Kami sudah membahas sedikit tentang inspeksi harian, minggguan dan bulanan menjalankan bisnis wahana kolam renang waterboom. Untuk inspeksi harian jelas untuk memastikan bahwa tidak ada lintasan yang bergeser selama digunakan oleh wisatawan. Inspeksi mingguan meliputi fasilitas pendukung dan inspeksi bulanan untuk keadaan wahana secara menyeluruh. Bila perlu, ada kota keluhan untuk wisatawan yang berkunjung baik itu melalui kotak saran atau melalui nomor whatsapp bagi konsumen yang ada keluhan atau saran selama berkunjung wahana Anda. Karena sekali lagi, bahwa keamanan wisatawan adalah prioritas utama dalam menjalankan bisnis ini kalau mau langgeng dan berkembang dalam jangka panjang. Satu kecelakaan kecil apalagi kesalahan besar bisa berdampak buruk pada bisnis ini.

Dari poin-poin yang sudah kami paparkan di atas, untuk kasus kecelakaan ambruknya seluncuran waterboom di Kenwaterpark Kenjeran, kalau analisis kasar kami adalah seluncuran digunakan secara overkapasitas. Enam belas orang menjadi korban adalah bukti bahwa ada yang tidak beres dengan lalulintas seluncuran yang terlalu banyak. Harusnya, di perosotan waterboom yang lintasannya panjang seperti yang kami jelaskan di atas harus ada lifeguard yang mengatur lalulintas wisatawan yang meluncur. Tidak boleh dalam interval waktu yang pendek misalnya 10 detik wisatawan meluncu terus menerus. Kalau ada wisatawan yang di tengah tidak meluncur karena pakaian ada sengaja, maka akan ada penumpukan di tengah lintasan yang membuat beban dari seluncuran menjadi sangat besar.

Ada beberapa analisis yang mengatakan bahwa memang wahana waterboom ini sudah keropos dan lama tidak dimaintenance. Bisa juga menjadi sebab dari ambruknya wahana ini. Tapi menurut kami kurang kuat. Yang paling kuat menurut kami tetap pada analisa bahwa tidak ada lifeguard yang mengatur lalulintas wisatawan yang menggunakan wahana sehingga tidak ada rentang interval waktu. Terlalu banyak wisatawan yang menumpuk dalam lintasan sehingga terjadilah apa yang tidak diharapkan yaitu lintasan seluncuran ambruknya dengan enam belas korban wisatawan. Dan hampir setiap puncak liburan ada kecelakaan seperti ini di tempat wisata. Dan menurut kami itu bisa diminimalisir kalau pengelola benar-benar teliti dalam memaintenance tempat wisatanya.

Sebagai penutup dari Analisis kecelakaan ambrolnya seluncuran waterboom Kenjeran Surabaya, kami sebagai kontraktor waterboom punya kewajiban untuk memberikan edukasi mengenai tata operasional dari wahana waterboom. Investasi yang besar untuk membuat wahana wisata kolam renang dan waterboom harus dikelola seprofesional mungkin agar investasi yang besar tidak sia-sia. Dan sebaliknya bisa mendatangkan keuntungan yang besar mengingat minat wisata ke wahana ke kolam renang dan waterboom dari masyarakat hingga kini masih sangat besar sekali. Terimakasih sudah berkunjung. Dan semoga korban kecelakaan di wahana waterboom Kenjeran segera sembuh dan bisa beraktivitas seperti sediakala.

Bagikan informasi tentang Analisis Kecelakaan Ambrolnya Seluncuran Waterboom Kenjeran Surabaya kepada teman atau kerabat Anda.

Analisis Kecelakaan Ambrolnya Seluncuran Waterboom Kenjeran Surabaya | 081392717613 Kontraktor Waterboom | Jual Playground

Komentar dinonaktifkan: Analisis Kecelakaan Ambrolnya Seluncuran Waterboom Kenjeran Surabaya

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Open chat
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan