Buka jam 08.00 s/d jam 22.00
Beranda » Review Produk Terbaru » Nilai Edukasi Mengajak Anak Bermain di Playground Anak

Nilai Edukasi Mengajak Anak Bermain di Playground Anak

Diposting pada 25 August 2020 oleh admin

Nilai Edukasi Mengajak Anak Bermain di Playground Anak

Nilai Edukasi Mengajak Anak Bermain di Playground Anak – Anak – anak yang tinggal di kota umumnya memiliki ruang bermain yang terbatas, oleh karena itu perlu dihadirkan tempat bermain baru yang memberikan kenyamanan serta rasa aman bagi anak tersebut. Saat ini sudah hadir Playground dihadirkan sebagai tempat bermain anak anak yang bukan hanya memberikan keseruan dalam bermain tetapi juga memberikan nilai edukasi bagi si buah hati. Playground merupakan tempat bermain umum untuk anak – anak yang menghadirkan berbagai fasilitas bermain untuk anak. Biasanya playground ditempatkan di sebuah mall agar lebih mudah diakses serta lebih aman dan nyaman. Berikut ini kami rangkum informasi terkait manfaat playground serta nilai edukasi apa saja yang bisa diperoleh dari Playground tersebut.

Nilai Edukasi Mengajak Anak Bermain di Playground Anak

Mengasah Kemampuan Anak Bersosialisasi dengan Teman Bermain

Playground merupakan tempat umum, jadi besar kemungkinan si buah hati akan bercengkrama dengan teman bermainnya di playground tersebut. Jika anak anda selama ini memiliki teman bermain yang terbatas karena faktor lingkungan atau faktor kesibukan, maka sering ajak anak bermain di playground , tujuannya agar si buah hati bisa menjalin komunikasi dengan orang lain. Jika terlalu lama di rumah, dan orang yang ditemui hanya orang tua saja, maka si buah hati bisa memiliki kemampuan komunikasi yang kurang baik.

Anak – anak perlu bercengkrama dengan teman seumuran mereka agar mereka bisa mengekspresikan diri mereka di hadapan teman bermain. Di Playground pastinya anak anda akan bertemu dengan anak – anak dan lainnya dan harus berbagi mainan bersama. Saat tersebut lah kemampuan anak dalam bersosialisasi akan diasah serta dididik agar mau berbagi dengan yang lainnya.

Melatih Anak Agar Menjaga Diri Sendiri

Saat bermain di playground   tentu pengawasan orang tua diperlukan, tetapi bukan berarti orang tua harus selalu memperhatikan gerak – gerik si buah hati. playground  merupakan tempat bermain yang aman bagi anak – anak, sehingga anak bisa menjaga dirinya saat bermain. Biarkan anak bermain dengan bebas saat di playground , dan jangan lupa berikan anjuran ke anak agar menjaga diri sendiri. Saat terjatuh misalnya, biarkan anak anda bangkit sendiri agar anak nantinya terbiasa bertanggung jawab atas dirinya sendiri.

Anak juga pastinya tidak mau terlalu diawasi atau terlalu dikekang saat bermain, karena mereka ingin bersuka ria dengan teman seumuran mereka.  Jika sudah terbiasa menjaga diri sendiri, anak nantinya akan mengerti mana yang perlu dihindari dan mana yang aman dilakukan. oleh karena kehadiran playground   sebenarnya memberikan banyak nilai untuk anak – anak.

Merangsang Pikiran Kreatif Anak

Nilai edukatif lain yang bisa diperoleh dari kehadiran playground adalah membantu proses kreatif anak berkembang dengan baik. Beberapa permainan yang dihadirkan di playground  dirancang untuk mengasah pikiran si anak. Misalnya seperti permainan puzzle atau yang lainnya. Jika anak anda sering memainkan permainan yang bagus untuk mengasah otak, maka hal ini akan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak nantinya. Bermain merupakan salah satu cara paling efektif mengasah kemampuan otak, karena dilakukan secara suka ria.

Apalagi jika permainan tersebut dilakukan bersama anak – anak lainnya, maka hal tersebut akan sangat bagus untuk mengasah daya kreativitas anak. Jadi jangan pernah ragu untuk mengajak anak mengikuti berbagai jenis permainan di playground , karena bermanfaat untuk mengembangkan kreativitas anak.

Melatih Semangat Daya Juang Anak

Bermain di playground   juga sangat bagus untuk meningkatkan semangat daya juang si buah hati, karena playground   menghadirkan beberapa permainan yang menuntut hal tersebut. Permainan seperti melewati jembatan jaring, melewati berbagai rintangan, dan hal lainnya merupakan permainan yang menuntut semangat dan kerja keras. Permainan tersebut menuntut kekuatan fisik serta strategi dalam memecahkan masalah, sehingga permainan tersebut sangat cocok digunakan untuk meningkatkan daya juang anak.

Jika anak anda tidak terbiasa melakukan pekerjaan yang sulit seperti melewati rintangan, mungkin mereka akan langsung putus asa menghadapi permainan tersebut. Saat tersebut lah anda perlu mendorong anak agar memiliki semangat daya juang tinggi untuk menghadapi segala rintangan dalam permainan. Jika anda sudah terbiasa memecahkan masalah serta menghadapi rintangan saat bermain di playground, maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang optimis dan memiliki daya juang tinggi.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Bermain di playground juga bagus untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam diri anak. Saat bermain di playground, anak akan dituntut bermain sendiri dan jauh dari orang tua. Jika terbiasa bermain di rumah, mungkin pada awalnya anak akan merasa malu bermain sendiri dan tidak mau berinteraksi dengan anak lainnya. Namun setelah sering bermain di playground nantinya, anaka akan menjadi terbiasa dan nyaman bermain sendiri. Saat itu lah rasa percaya diri anak akan terasah dengan baik. Dengan rasa percaya diri tersebut juga lah nantinya anak berani bergaul dengan teman bermain, dan meningkatkan kemampuan sosialisasi mereka.

Bahkan jika rasa percaya diri anak sudah sangat baik, si buah hati cenderung kurang nyaman bermain jika orang tua berada di dekat mereka. Oleh karena itu anda sebagai orang tua perlu memberikan kebebasan sepuasnya kepada anak saat bermain di playground.

Melatih Disiplin Anak

Walaupun tempat bermain anak, playground juga menerapkan aturan khusus yang wajib ditaati oleh seluruh anak – anak. Peraturan tersebut diterapkan demi keyamanan bermain serta keamanan si buah hati juga. Bisanya beberapa peraturan yang wajib dipatuhi, seperti menggunakan kaos kaki saat bermain, tidak boleh sembarangan makan dan minum, serta peraturan lainnya. Dengan mematuhi seluruh peraturan tersebut, maka mental disiplin dalam diri si buah hati akan terbentuk dengan baik. Memberikan ajaran dan didikan sejak dini merupakan cara terbaik untuk melatih sikap disiplin dalam diri anak.

Jadi saat si buah hati rewel tidak mau mengenakan kaos kaki atau selalu meminta makanan saat bermain di playground, anda perlu mendidik anak agar mematuhi peraturan tersebut. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak agar mereka paham bahwa playground tersebut memiliki aturan yang harus dipenuhi.

Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Anak

Dengan rutin bermain di playground, maka kemampuan anak dalam berkomunikasi juga nantinya semakin baik. Alasannya karena anak bisa bertemu dengan teman sebaya, dan berkomunikasi dengan bahasa yang mudah mereka pahami. Terkadang terlalu sulit bagi anak kecil menyerap kata – kata yang disampaikan oleh orang tua mereka, namun dengan teman sebaya, mereka komunikasi lebih mudah dilakukan karena mereka memiliki pemikiran yang sama.

Oleh karena itu bersama dengan teman – teman mereka, anak akan melatih kemampuan berbahasa mereka, sehingga pertumbuhan dan perkembangannya bisa berlangsung lebih cepat. Jika dilingkungan anda tinggal sulit menemukan teman sebagai untuk si buah hati, rajin ajak mereka bermain di playground, agar kemampuan berbahasa mereka bisa menjadi lebih baik.

Usia Berapa Playground Baik Untuk Anak – Anak

Bermain di playground akan memberikan banyak keuntungan baik bagi si buah hati maupun bagi orang tua. Pada umumnya setiap jenis permainan yang dihadirkan di playground dirancang untuk anak – anak berusia 3 sampai 11 tahun, oleh karena itu playground hanya aman bagi anak – anak berusia 3 tahun ke atas. Biasanya anak yang sudah berusia 3 tahun ke atas, sudah mampu mengenali beragam jenis permainan dan menikmati permainan tersebut. Jika anak sudah berusia diatas 3 tahun, pada umumnya sudah bisa bermain dengan aman di playground.

Namun bukan berarti anak di bawah usia 3 tahun tidak bisa bermain di playground. Saat ini sudah banyak juga playground yang dirancang untuk anak usia satu tahun ke atas. Tentu permainan yang disediakan berbeda dengan playground lain. Karena playground untuk anak usia 1 tahun harus mengutamakan keamanan. Walaupun dirancang khusus sebagai wahana bermain anak usia 1 tahun ke atas, tetap saja orang tua wajib memberikan pengawasan kepada anak saat bermain di playground.

Perlengkapan Yang Perlu Dibawa Saat Anak Bermain di Playground

Playground menjadi oase bagi anak – anak perkotaan karena kini mereka memiliki tempat bermain yang baik dan aman. Untuk meningkatkan keseruan saat bermain di playground, maka anda sebagai orang tua perlu membawa beberapa perlengkapan untuk anak. Beberapa perlengkapan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Kotak Bekal Serta Botol Minum Anak

Salah satu perlengkapan yang perlu dibawa saat mengajak anak bermain di playground adalah kotak bekal dan botol minum anak. Saat bermain di playground, si buah hati nantinya pasti mengeluarkan banyak energi. Oleh karena itu sangat penting menyiapkan bekal agar setelah lelah bermain si buah hati bisa mengisi kembali energinya dengan makanan bergizi. Siapkan bekal yang disukai si buah hati, yang memiliki banyak kandungan protein dan kaya vitamin. Membawa bekal yang sehat dari rumah jauh lebih baik daripada memberi anak jajan setelah lelah bermain.

Selain bekal tentu saja botol minum juga sangat penting disiapkan karena anak pasti kehausan setelah lelah bermain di playground. Menyiapkan air putih merupakan pilihan terbaik sebagai minuman anak. Tidak perlu anda memberikan minuman seperti jus atau minuman lainnya, karena air putih sebenarnya jauh lebih bagus untuk mengisi kembali ion dalam tubuh.

  • Kotak P3K

Selain bekal dan botol minum, kotak P3K juga menjadi salah satu perlengkapan yang wajib dibawa saat mengajak anak bermain di playground. Kita tak pernah tahu kapan hal – hal membahayakan terjadi kepada anak. Mengingat playground merupakan tempat bermain umum, maka hal – hal diluar kendali bisa saja terjadi. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu membawa kotak P3K saat membawa anak bermain di playground. Kotak P3K tersebut sangat bermanfaat sebagai salah satu langkah penyelamatan saat terjadi kecelakaan pada anak.

  • Kaos Kaki

Pada umumnya di setiap playground mewajibkan setiap anak mengenakan kaos kaki saat bermain di playground. Tujuannya agar kaki si kecil tetap terlindungi saat bermain di playground. Walaupun playground rutin dibersihkan dan dijaga tingkat keamanannya, tetapi tetap saja diperlukan sikap waspada. Saat bermain di playground, pakaikan kaos kaki yang tebal dan nyaman pada anak agar kaki mereka tetap terlindungi saat bermain di playground. Selain membuat kaki terlindungi, anak juga nantinya bisa lebih nyaman berlarian di area playground, dan terhindar dari luka gores dan hal lainnya. Sebaiknya persiapkan dua pasang kaos kaki, untuk berjaga – jaga nantinya.

  • Tisu Basah dan Hand sanitizer

Perlengkapan lain yang juga sangat penting dibawa saat mengajak anak bermain di playground adalah tisu basah dan hand sanitizer. Playground merupakan tempat bermain umum, sehingga anda tidak bisa memberikan perlindungan ekstra pada si buah hati. Pastinya banyak kuman dan bakteri yang akan menempel pada tubuh anak setelah bermain di playground. Namun anda tidak perlu khawatir tentang hal tersebut karena bisa diatasi dengan tisu basah dan hand sanitizer. Pastikan saat anak hendak menyentuh makanan atau setelah selesai bermain, bersihkan tangan anak dengan tisu basah atau hand sanitizer terlebih dahulu agar bisa terbebas dari kuman dan bakteri.  Dengan demikian anak nantinya bisa terlindung dari virus dan penyakit.

  • Baju Ganti

Baju ganti juga perlu disiapkan saat anak membawa anak bermain di playground. Setelah selesai bermain pastinya baju anak akan kotor dan dipenuhi keringat. Apalagi jika anak anda termasuk anak yang aktif. Pastinya tidak nyaman bukan jika setelah selesai bermain anak pulang ke rumah dengan mengenakan pakaian kotor dan penuh keringat. Oleh karena itu perlu dipersiapkan baju ganti, agar setelah selesai bermain dari playground, si buah hati bisa tetap harum dan wangi. Mengganti baju setelah bermain juga dapat membuat anak terbebas dari penyakit, karena kuman – kuman yang diperoleh saat bermain di playground, kini sepenuhnya terbebas dari tubuh.

  • Tas Ransel

Agar seluruh perlengkapan tersebut mudah dibawa, maka anda perlu membawa tas ransel untuk anak. Masukkan seluruh perlengkapan tersebut ke dalam ransel anak, dan suruh anak membawa tas ransel tersebut. Selain membuat seluruh perlengkapan mudah dibawa, tas tersebut juga bermanfaat untuk mendidik anak agar bertanggung jawab terhadap barang bawaan mereka sendiri. Anda jadinya tidak repot membawa perlengkapan anak, serta anak juga mendapatkan manfaat dari tas ransel tersebut.

Pilih Playground Yang Menghadirkan Banyak Permainan Inovatif

Hampir di setiap mall – mall besar di Indonesia menghadirkan playground. Hal ini tentu memudahkan orang tua menemukan tempat bermain yang tepat untuk anak. Jika anda ingin mengajak anak bermain di playground, maka pastikan bahwa permainan yang terdapat di playground tersebut cocok untuk anda dan mempu memberikan nilai edukasi bagi anak. Pada umumnya setiap playground menghadirkan permainan yang berbeda – beda. Oleh karena itu anda perlu memilih playground yang cocok untuk usia anda, serta permainan yang disediakan inovatif dan dapat mendukung tumbuh kembang anak.

Baca juga: jual perosotan anak surabaya

Tidak ada salahnya sering membawa anak bermain di playground, asalkan permainan yang disediakan di playground tersebut mampu memberikan nilai edukasi untuk anak. Jika anak sering memainkan permainan yang bermanfaat untuk tumbuh kembang mereka, maka pasti playground tersebut memberikan banyak manfaat positif untuk anak. Dari pada mengurung anak bermain sendiri di rumah karena takut akan dunia luar, lebih baik bawa anak menikmati berbagai permainan yang tersaji di playground. Hasil penelitian para ahli menunjukkan bahwa playground merupakan tempat bermain paling ideal bagi anak – anak yang tinggal di daerah perkotaan. Itulah sedikit informasi tentang manfaat playground serta nilai edukasi yang bisa diperoleh dari playground.

 

Bagikan informasi tentang Nilai Edukasi Mengajak Anak Bermain di Playground Anak kepada teman atau kerabat Anda.

Nilai Edukasi Mengajak Anak Bermain di Playground Anak | 081392717613 Kontraktor Waterboom | Jual Playground

Komentar dinonaktifkan: Nilai Edukasi Mengajak Anak Bermain di Playground Anak

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami
Open chat
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan